Sabtu, 23 Agustus 2008

Materi Bidang Taksiran


Barang elektronika memegang peranan yang cukup penting dimana dari jenis barang tersebut dapat diterima sebagai barang jaminan di kantor cabang PERUM Pegadaian. Untuk itu maka diperlukan suatu pemahaman yang komprehensif bahwa barang tersebut tidak hanya sekedar pelengkap dari penerimaan barang kantong (emas dan berlian) karena pada umumnya barang elektronika cukup banyak digemari masyarakat dan memiliki penyebaran yang cukup luas di seluruh Indonesia.
Hal tersebut tak terlepas dari perkembangan produk dan teknologi terkini yang terus berkembang sehingga hal ini harus terus dicermati oleh setiap penaksir agar terhindar dari taksiran tinggi dan taksiran rendah. Pemahaman ini tak lepas dari beberapa faktor resiko yang ada pada karakteristik barang tersebut yang sangat berbeda dengan penerimaan barang kantong. Faktor-faktor tersebut diantaranya faktor perubahan model, selera masyarakat, resiko out of date dan faktor kerusakan selama dalam masa penyimpanan.
Barang elektronika mempunyai tingkat usable yang terbatas dan dalam hal ini terdapat juga kemungkinan kerusakan serta selera masyarakat yang berubah. Ada masyarakat yang fanatik terhadap merk-merk tertentu yang terbukti handal dan awet.
Hal ini perlu mendapat perhatian khusus utamanya dalam diklat penaksir muda dimana dalam pembinaan karir pegawai yang dimulai dari penaksir muda, diharapkan setelah mengikuti diklat penaksir dapat mengembangkan potensi serta pengalaman diri selama ditunjuk menjadi tenaga fungsional penaksir di kantor cabang.
Oleh sebab itu khusus untuk mata ajar ini mendapat porsi yang cukup besar yaitu 24 jam pelatihan untuk diklat penaksir muda dimana komposisi antara teori dan praktek dalam perbandingan 40 : 60. Hal ini disebabkan karena para peserta diklat diharapkan dapat segera mengimplementasikan seluruh materi khususnya Metode dan Teknik Menaksir Elektronika tingkat muda setelah kembali bertugas di kantor cabang. Tujuan dari diklat penaksir muda ini diharapkan timbul suatu pengertian/pemahaman baru khususnya dalam teknik menaksir elektronika yang terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi. Khusus untuk laptop agar dapat dipelajari dengan seksama karena relatif lebih mobile (mudah dibawa kemana saja) dan relatif lebih rumit dalam hal pemeriksaannya. Disamping itu penerimaan laptop lebih diutamakan daripada PC (Personal Computer) yang lebih besar dan kurang praktis.

Tidak ada komentar: